Transformasi Layanan Publik, MAN 2 Surakarta Gali Strategi ZI dari MAN 2 Kota Malang
Kota Malang — Dalam rangka mewujudkan layanan publik yang bersih, akuntabel, dan bebas dari praktik korupsi, MAN 2 Surakarta melaksanakan kunjungan studi tiru ke MAN 2 Kota Malang dalam kegiatan Pengimbasan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Senin (23/6/2025). Bertempat di Auditorium Gedung Sains Terpadu, kegiatan ini menjadi ajang berbagi praktik baik dan strategi percepatan pembangunan ZI antarlembaga pendidikan.
Rombongan MAN 2 Surakarta dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Dr. Lanjar Utami, M.Pd., dan disambut hangat oleh Kepala MAN 2 Kota Malang, Dr. H. Samsudin, M.Pd., bersama Ketua ZI Ady Siswanto, S.Pd., para agen perubahan, serta Tim Enam Area Zona Integritas MAN 2 Kota Malang.
Dalam sambutannya, Dr. H. Samsudin menegaskan bahwa keberhasilan MAN 2 Kota Malang dalam meraih predikat WBK dari Kementerian PANRB merupakan buah sinergi dan kerja kolektif seluruh elemen madrasah. Program unggulan seperti Insan Pro, Madumanja, dan Sukasujabajo menjadi motor penggerak budaya kerja profesional, inovatif, dan berorientasi pada pelayanan publik prima.
“Program ini bukan sekadar slogan, tetapi sistem kerja nyata yang mendorong keterlibatan aktif seluruh warga madrasah. Kami juga terus memperkuat transparansi, akuntabilitas, serta pemanfaatan layanan digital dan keterbukaan informasi,” ujar Kamad.
Lebih lanjut, ia menyampaikan sejumlah capaian prestasi akademik dan nonakademik peserta didik dan institusi, mulai dari olimpiade nasional, lomba internasional, hingga kelulusan ke perguruan tinggi unggulan dalam dan luar negeri. “Kepercayaan publik terhadap layanan madrasah terbangun melalui hasil nyata dan integritas dalam pelayanan,” tambahnya.
Kamad MAN 2 Surakarta Dr. Lanjar Utami, M.Pd., menyampaikan apresiasi atas sambutan dan keterbukaan informasi dari MAN 2 Kota Malang meskipun kegiatan berlangsung di awal masa liburan semester. “Kami sangat terkesan atas penerimaan yang luar biasa. Ini menjadi motivasi besar untuk menata dan mengimplementasikan ZI di MAN 2 Surakarta,” ungkapnya.
Rombongan terdiri dari jajaran pimpinan strategis, mulai dari Kepala Tata Usaha, para Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, Kesiswaan, Sarpras, Humas, Penjaminan Mutu, pimpinan boarding school, guru, tenaga kependidikan, outsourcing, hingga pengurus Komite Madrasah.
Paparan utama disampaikan oleh Ketua ZI MAN 2 Kota Malang, Ady Siswanto, S.Pd., yang menguraikan tahapan pembangunan ZI secara sistematis, mulai dari penyusunan dokumen, pemenuhan eviden, pelampiran Lembar Kerja Evaluasi (LKE), hingga strategi percepatan target sesuai Permenpan RB Nomor 10 Tahun 2019 dan Nomor 90 Tahun 2021.
“Kami membangun persepsi bersama seluruh stakeholder untuk mewujudkan layanan publik yang cepat, transparan, dan bebas pungutan liar. Salah satu capaian penting adalah zero complaint atau nihil pengaduan masyarakat,” jelas Ady, sapaan akrabnya yang juga memaparkan berbagai tantangan dan dinamika yang dihadapi dalam proses pembangunan ZI hingga akhirnya MAN 2 Kota Malang berhasil menyabet predikat WBK sebagai satuan kerja unggulan.
Selain itu, sesi panel juga diisi oleh para Agen Perubahan MAN 2 Kota Malang. Di antaranya, AP Madumanja H. Ahmad Thohir Yoga, M.Pd., M.Ed., AP Edu Panda Dr. Gunawan, MA., dan AP Insan Pro, yang membagikan strategi inovatif dalam membangun wawasan global, budaya kerja profesional, literasi digital, dan penguatan karakter ASN serta prestasi olimpiade peserta didik. Penyampaian ini mendapatkan apresiasi tinggi dari seluruh peserta kunjungan.
Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi interaktif dan foto bersama serta kunjungan lapangan ke berbagai area publik unggulan madrasah, seperti ruang layanan PTSP dan sarana penunjang lainya.
Pengimbasan ini diharapkan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan dalam membangun budaya kerja bersih dan profesional di lingkungan madrasah, sekaligus memperkuat peran strategis madrasah dalam mendukung agenda reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas layanan publik di sektor pendidikan. (SW)
MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA